Langsung ke konten utama

Wisata Banyuurip Mangrove Center (BMC)


Jika merasa penat dengan segala urusan pekerjaan atau yang lainnya pasti anda memikirkan tentang sebuah rekreasi yang menyenangkan baik itu sendiri bersama keluarga atau teman-teman anda. Namun tidak sedikit yang mengurungkan niat untuk liburan karena kebanyakan orang berpikir bahwa liburan harus selalu mengeluarkan uang yang banyak. Ada berbagai macam jenis obyek wisata di sekitar anda yang tidak perlu memerlukan biaya berlimpah untuk menikmatinya. Terutama jika anda tinggal di Gresik, kabupaten di Jawa Timur. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar kota untuk sekedar refreshing sejenak melepas penat dan lelah setelah berhari-hari bekerja. Di Gresik ada beberapa obyek wisata yang bisa anda kunjungi dengan biaya yang murah, contohnya adalah Hutan Mangrove Ujungpangkah.

Hutan Mangrove Ujungpangkah adalah salah satu destinasi wisata yang berlokasi di Desa Banyuurip Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Setiap waktu liburan khususnya saat libur lebaran atau libur masa sekolah, tempat ini selalu dipenuhi oleh pengunjung baik anak-anak sampai orang tua, baik oleh wisatawan dari dalam kota Gresik sendiri ataupun dari luar kota. 
Semenjak 17 tahun yang lalu, di kota Gresik memang mulai dikembangkan budi daya mangrove yang tidak hanya dilakukan oleh pemerintah kabupaten Gresik, tetapi juga bersama masyarakat setempat. Bersama-sama mereka membudi dayakan tanaman yang bisa dapat membantu untuk melestarikan lingkungan. Setelah berkembang dan pemerintah melihat potensi tempat tersebut sebagai sebuah tempat untuk berrekreasi, akhirnya pelan-pelan mereka mulai mengembangkan menjadi sebuah obyek wisata.

Daya tarik wisata hutan mangrove yang mulai ada di banyak kota di Indonesia ini adalah kita tidak hanya disajikan pemandangan pantai yang indah namun juga rimbunnya tanaman mangrove yang membuat suasana pantai yang biasanya panas menjadi lebih sejuk dan asri. Di wisata ini anda juga bisa berjalan di jembatan kayu yang membentang di antara hutan magrove agar anda bisa menelusuri tempat ini lebih jauh.

Ada beberapa kegiatan yang bisa anda lakukan di tempat ini, salah satunya seperti yang sudah disebutkan di atas yaitu berjalan-jalan menyusuri hutan mangrove di atas jembatan kayu. Selain itu di sini juga ada rumah joglo yang bisa anda gunakan untuk bersantai sembari menikmati eloknya pemandangan di sekeliling anda. Jogging track sepanjang 600 meter juga telah dibangun oleh pihak pengelola bagi anda yang ingin merasakan sensasi berolah raga di hutan mangrove. Di sana anda juga tidak hanya bisa menikmati pemandangan saja, namun juga bisa ikut berpartisipasi dalam penanaman bibit cemara ataupun mangrove.

Fasilitas di Hutan Mangrove Ujungpangkah

Karena tempat wisata ini sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah kabupaten Gresik, maka anda dengan mudah bisa menemukan berbagai fasilitas - fasilitas penunjang yang bisa anda manfaatkan. Seperti di antaranya adalah;
- Tempat parkir
Anda yang membawa kendaraan pribadi atau menyewa bus pariwisata tidak perlu lagi khawatir dengan masalah parkir karena di sini lahan untuk parkirnya luas sehingga muat untuk beberapa bus dan ratusan mobil atau motor-motor dari para pengunjung. Tempat parkirnya juga dijamin aman.
- Toilet umum
Di beberapa titik di lokasi ini sudah disediakan beberapa kamar mandi atau toilet umum bagi para pengunjung jika ingin mencuci tangan atau buang air kecil. Walaupun memang harus berjalan agak jauh tapi setidaknya anda tidak perlu repot mencari lagi.
- Tempat penginapan
Di wilayah sekitar Hutan Mangrove Ujungpangkah anda juga bisa menemukan beberapa tempat penginapan yang mempunyai harga bervariasi dari yang murah hingga yang agak mahal. Namun tempatnya semua dijamin nyaman.
- Kantin atau tempat makan
Bila anda sudah puas menikmati pemandangan dan berjalan-jalan di antara hutan mangrove, anda bisa mampir ke beberapa kantin atau warung yang ada di sekitar obyek wisata sana yang menjual berbagai macam makanan dan minuman dengan harga terjangkau.
- Jogging track
Anda sudah bosan berolah raga hanya berlari di seputar komplek rumah anda? Jika iya, anda bisa berganti tempat jogging di obyek wisata Hutan Mangrove Uujungpangkah karena di sini telah disiapkan jogging track yang bisa dipakai oleh para pengunjung.
- Mushola
Bagi anda yang ingin segera menunaikan ibadah sholat anda bisa langsung bertanya kepada petugas setempat dan mereka akan dengan senang hati mengantarkan anda ke mushola yang ada di sana.
- Gazebo
Jika anda tidak mau berjalan-jalan terlalu jauh, anda bisa dengan santai duduk-duduk di gazebo - gazebo yang telah disediakan pihak pengelola di sana. Sambil menikmati bekal makanan anda bisa melihat pemandangan pantai juga mangrove yang eksotik.

Hunting Foto di Hutan Mangrove Ujungpangkah


Tak lengkap rasanya jika anda datang ke sebuah destinasi wisata tanpa membawa sebuah kamera untuk berfoto-foto ria bersama keluarga atau teman - teman anda. Di hutan mangrove ini anda bisa menemukan beberapa spot menarik untuk berfoto. Kebanyakan anak muda atau pengunjung lain yang datang sangat suka mengambil lokasi di tengah jembatan kayu yang membelah hutan mangrove. Pemandangan dari hijaunya mangrove ditambah dengan jembatan kayu yang unik membuat foto anda akan terlihat sangat Instagrammable. Selain itu anda juga bisa berfoto di rumah joglo yang ada di sana. Atau jika anda ikut serta dalam penanaman bibit cemara atau mangrove, anda bisa meminta tolong kepada teman anda untuk mengabadikan momen tersebut.

Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Hiasan Cermin Dari Kulit Kerang

Indonesi merupakan negara maritim. Salah satunya di provinsi jawa timur, Kabupaten Gresik, Kecamatan Ujungpangkah, Tepatnya di desa Banyuurip. Mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai Nelayan. Kerajinan hasil laut merupakan salah satu jenis kerajinan unik yang dapat di buat dengan berbagai macam hasil laut kemudian dirangkai sedemikian rupa sehingga menjadi kerajinan unik dengan nilai seni tinggi. Salah satu bahan yang bisa digunakan adalah kerang. Kulit kerang dapat dijadikan menjadi berbagai macam kerajinan seperti kalung, gelang, tempat tisu maupun bingkai cermin, bingkai foto, lampu hias dan lain sebagainya. Salah satu jenis kerajinan yang banyak diminati adalah cermin. Cermin adalah salah satu benda yang tidak pernah lepas dari kehidupan manusia. Definisi cermin adalah benda mengkilap pemantul cahaya dalam bahasa inggrisnya adalah Mirror. Menurut bentuk permukaannya Cermin datar, Cermin cekung dan Cermin cembung. Cermin datar yaitu cermin yang permukaannya berupa sebu

Ubah Rasa Sayuran jadi Lebih Nikmat dengan 5 Resep Camilan yang Kreatif Ini!

Mengolah sayuran jadi hidangan yang enak dan kaya rasa memang perlu kreativitas. Selain cocok disajikan sebagai makanan utama, sayur-sayuran juga bisa dibuat jadi cemilan yang renyah dan pastinya sehat, lho. Buat kamu yang penasaran dengan cara bikin sayuran jadi makanan super enak, kali ini ada 5 resep masakan yang tentunya gampang dan sederhana untuk kamu buat : 1. Renyah dan gurihnya kembang kol saus pedas Cemilan berbahan utama kembang kol ini pastinya enak, sehat, bebas gula, dan cocok untuk vegetarian. Ini dia bahan-bahan yang perlu kamu siapkan. Kembang Kol Panggang: 1 buah kembang kol berukuran sedang. Cuci, buang batangnya, dan potong-potong menjadi berukuran kecil 1 sendok teh garam dan merica Saus Pedas: 6 – 8 sendok makan saus Sriracha atau bisa disesuaikan dengan selera pedas yang kamu mau 2 – 4 sendok makan minyak alpukat 1,5 sendok makan cuka Dressing  Alpukat: ⅔ cup ranch dressing tanpa susu yang dibeli di toko 1 buah alpukat yang

Puding Daun Kelor Kaya Akan Manfaat dan Lezat

Daun kelor juga termasuk tanaman yang ramah, mudah di tanam, sehingga orang bisa dengan menemukannya.   Daun kelor pun dapat diolah menjadi berbagai macam sajian lho. Salah satunya bisa dijadikan puding. Penasaran dengan puding daun kelor? Resep Puding Daun Kelor; 1. Ambil daun kelor 1 genggam, ambil daunnya saja ya! 2. Lalu, rebus daun-daun tersebut selama 3 menit dengan air 200 cc 3. Setalah itu,  blenderlah daun-daun rebusan tersebut dengan air hasil rebusan kelor 4. Tambahkan Gula pasir 50 gr atau sesuai selera 5. Gunakan agar-agar bubuk putih 1 bungkus 6. Tambahkan susu cair 400 cc dan air daun kelor 200 cc. Cara memasaknya pun cukup mudah lho..! 1. Masaklah semua bahan puding diatas api sedang sambil terus diaduk 2. Setelah mendidih angkat dan aduk terus hingga uap panasnya hilang. 3. Tetakhir, ambil cetakan sesuai selera dinginkan dan sajikan. Daun kelor memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan seperti yang sudah dibuktikan para peneliti. Berikut adalah l